CONTOH SOAL MANAJEMENLEMBAGAPENDIDIKAN ISLAM PT
1.
Suatu proses pemanfaatan semua sumber daya yang
dimilikimelalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan serta
kerjasama secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan
kesejahtraan, baik di dunia mauPun di akhirat, adalahdefinisidari…
a. ManajemenSumberDayaManusia d. ManajemenPemasaran
b. ManajemenLembagaPendidikan
Islam e.
ManajemenKurikulum
c.
ManajemenSaranaPrasarana
2.
Berikut ini empat ruang lingkup manajemen
lembaga pendidikan Islam, kecuali….
a. Aspekmanajemenlembaga d. Aspek program pendidikan
Islam
b. AspekbudidayamanusiaIslami e. Aspeksepirit Islam
c.
Aspek proses pendidikan Islam
3.
Perhatikan pernyataan berikut ini:
1.
Cara/jalan yang akan ditempuh (berbentuk
program kegiatan rutin dan jangka pendek) demi tercapainya suatu visi;
2.
Serangkaian tujuan jangka pendek yang khendak
dicapai;
3.
Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai
Keteranganuntukmenunjukkanpengertian
yang benarpadapernyataan di atasadalah….
a. No. 1
Visi, 2 Tujuandan 3 Misi d. No. 1 Tujuan, 2 Visidan 3
Misi
b. No. 1
Tujuan, 2 Misidan 3 Visi e. No. 1 Misi, 2 tujuandan 3
Visi
c.
No. 1 Visi, 2 Misidan 3 tujuan
4.
Suatutindakanatau proses
kegiatanuntukmengontroldanmenilaiterhadappelaksanaanpekerjaan yang
sesuaidenganrencana yang sudahditentukanatauditetapkan; disebu pengawasan. Berikut ini
yang termasuk unsur-unsur manajemen lembaga pendidikan Islam adalah
a.
Materials, methods, money, man, machines,
market, leadership
b.
Materials, methods, money, man, machines,
market, fasilitation
c.
Materials, methods, money, man, machines,
market, entrepreneurship
d.
Materials, methods, money, man, machines,
market, information
e.
Materials, methods, money, man, machines,
market, sportivitas
5.
Berikutini yang bukanfungsipengawasanadalah….….
a. Mencegahterjadinyaberbagaipenyimpanganataukesalahan
b. Untukmeningkatkansemangatmemperjuangkanhak-hakpekerja
c.
Untukmemperbaikiberbagaipenyimpangandankesalahan
yang terjadi
d. Untukmempertebal
rasa tanggungjawabterhadapkaryawanatau para pekerjadalammelakukantugas yang dibebankannya
e.
Untukmendinamisasiorganisasisertasegenapkegiatanmenejemenlainnya
6.
Berikut ini yang tidak termasuk modal lembaga
pendidikan Islam adalah....
a.
Integrative Capital c. Political Capital e. Family
Capital
b.
Social Capital d. Human Capital
7.
Berikut ini merupakan tingkatan manajemen
dalam lembaga pendidikan Islam...
a.
Top management, middle management, first line
management
b.
Top less managemen, Noddle line managemen,
Line up managemen
c.
Leader management, well management, best
management
d.
Financial management, social management, human
management
e.
Leadership Management, Entrepreneurship
Management, Partnership Management
8.
TQM adalahsuatupendekatandalammenjalankanmanajemenlembagapendidikandengancaramemaksimalkandayasainglembagadan……
a. Meningkatkanmutulayananpendidikan d.
Meningkatkannilai social
b. Meningkatkan
HR guru tetap e.
Sumbenagan BP3
9.
Berikutini yang
termasukdariketerampilandasardalamketerampilanmanajerialadalah….
a. Conception
Skill, Quality Skill, and Manajemen Skill
b. Humanity
Skill, Vocational Skill, and free work Skill
c.
Technical Skill, Sociality Skill, and Quality
Skill
d. Standart Skill, Social Skill, and Technical Skill
e. Conception
Skill, Humanity Skill, and Technical Skill
10. Kemampuankomunikasi
yang persuasive kepadaatasan, karyawandantemankerjasejawatmerupakanimplmentasidari
….
a. Conception
Skill c.
Technical Skill e. Quality
Skill
b. Humanity
Skill d.
Vocational Skill
11. Pernyataan
yang benar dibawah ini berdasarkan komunikasi dan keterampilan dasar manajerial
adalah...
a. Top
Management banyakbekerjasedikitmengonsep
b. First
Line Management lebihbanyakbekerjadanmengonsep
c.
Middle Management
lebihbanyakmengonsepdanlebihsedikitbekerja
d. Porsikomunikasidaritigatingkatanmanajemen
di atastidaksama
e. Top
Management banyakmengonsepdansedikitbekerja
12. MenurutEnwar
Deming Sallisada 14 rumusanprinsipTQM,
empatdiantarannyaberikutini,kecuali…
a.
Milikitekad yang
kuatdanterusmenerusuntukmemperbaikimutuprodukdanjasa;
b.
Lembagakankepemimpinan
yang membantusetiap orang untukdapatmelakukanpekerjaannyadenganbaik;
c.
Hilangkansegala yang
menghambatkomunikasiantarbagiandanantarkelompokdalamorganisasi;
d.
Singkirkanpenghalang yang
merrebuthakpimpinandanpelaksanauntukbanggaatashasilkerjanya;
e. Ciptakanstruktur
yang memungkinsemua orang bisaikutsertadlmusahamemperbaikimutuorganisasisekolah
13. Biladihubungkandenganpendidikan,
manfaatdariimplementasiTQM di
madrasah, antara lain:
1) Membantudalammenggambarkankembaliperan,
tujuandantanggung-jawabsekolah/madrasah.
2) Meningkatkansekolahsebagai
”jalanhidup.”
3) Memberikanbantuandalammerencanakanpelatihankepemimpinansecaramenyeluruhuntukpendidikpadasemuatingkatan;
4) Membantudalammenggunakanrisetdaninformasipraktisuntukmemandukebijakandanpelaksanaankegiatan
di sekolahsertaditujukanuntukadanyaperbaikansecaraterusmenerus.
5) Mendisainsecaramenyeluruhpengembangananak.
Manfaat
yang benardarilimapoin di atasadalah……..
a. 1), 2)
dan 3) c. 1), 3) dan
5) e.
benarsemua
b. 3), 4)
dan 5) d. 1), 4)dan 5)
14. Bagilembagapendidikan,
adaptasiTQMdapatdikatakansukses,
jikamenunjukkangejala-gejalasebagaiberikut: 1) Tingkat
konsistensiprodukdalammemberikanpelayananterusmeningkat; 2)
Kekeliruandalambekerjasemakinberkurang; 3)
Disiplinwaktudandisiplinkerjasemakinmeningkat; 4)
Inventarisasiasetorganisasisemakinterkendali 5)
Pemborosandanadanwaktudalambekerjadapatdicegah; 6)
Peningkatanketrampilanbekerjaterusdilaksanakan.
a. HadiriNawawi c. Ki HajarDewantara e.
Ramayulis
b. MalayuHasibuan d. Zaudjak Ahmad
15.
Untukdapatmencapaipeningkatanmutupendidikan
Islam sebagaimana yang diharapkan, perlumemperhatikan
a. Kerjasama
Tim (Team Work) danKeterlibatan Stakeholders
b. Memilikigedungdanfasilitas
yang bagus
c.
Memilikisiswa yang banyadan guru yang banyak
d. Mengajarisiswabergotongroyongdanmenajagajebersihan
e. Perbanyakmencaribantuandanabaikdaridalammaupunluarnegeri
16. Menurut
Fred Luthansadalimajenisketerampilan yang harusdimilikiolehseorangkepala
madrasah, diantaranyasebagaiberikut, kecuali……
a. Cultural
flexibility d.
Creadibility
b. Self-management
of learning e. Human resources
development
c.
Communicational Skill
17.
Kemampuandanketerampilanseorangkepala
madrasah untukmelakukanpembicaraanbaiklisanmaupuntulisandalammelakukannegosiasidanmemberikanpembinaan,
merupakanpemahamandari…..
a. Cultural
flexibility d.
Creadibility
b. Self-management
of learning e. Human resources
development
c.
Communicational Skill
18.
Setiapusahauntukmemperbaikilembagapendidikanbaiksaatinimaupun
dimasa yang akandatangdisebut…
a. Human
Research Development
(ManajemenSumberDayaManusia)
b. Managerial
Skill
(KeterempilanManajerial)
c.
Management Development (PengembanganManajemen)
d. Decision
Making
(PengambilanKeputusan)
e. Total
Quality
Management (ManajemenMutuTerpadu)
19. Proses
memilihsuatupemecahanmasalahdaribeberapaalternatif yang tersedia,
disebut…..
a. Human
Research Development
(ManajemenSumberDayaManusia)
b. Managerial
Skill
(KeterempilanManajerial)
c.
Management Development (PengembanganManajemen)
d. Decision
Making
(PengambilanKeputusan)
e. Total
Quality Management
(ManajemenMutuTerpadu)
20. Perananmanajemenlembagapendidikan
Islam dalammenjalinhubungandenganmasyarakatdiantaranyaadalah….
a. Memintabantuanketikaadapembangunan
madrasah
b. Menjalinkerjasamadenganmasyarakatdantokohmasyarakatdalamrangkamemajukan
madrasah
c.
Memberikanbantuankepadamasyarakatdengancaramengerahkansemuasiswa
d. Terlepasdaritanggungjawabmasalah
yang berhubungandenganmasyarakat
e.
Mengangkatkomitesekolahdari orang-orang yang kaya dandermawan