CONTOH SOAL MANAJEMEN HUMAS DAN LAYANAN PUBLIK PERGURUAN TINGGI
1. Tujuan
pokok Humas adalah......
a. Mendapatkan
keuntungan sebesar-besarnya bagi perusahaan dan organisasi
b. Membuat
perusahaan/organisasi yang diwakili disenangi oleh pemerintah
c. Menjalin
kerjasama yang baik dengan seluruh unsur yang terkait dengan perusahaan /
organisasi
d. Menciptakan
hubungan dan citra perusahaan / organisasi yang baik di mata publik internal
dan eksternal
e. Mengumpulkan
data untuk kemajuan organisasi
2. Di
bawah ini merupakan peran Humas di lapangan, kecuali...
a. Mediator b. Evaluator c. Communicator d. Conceptor e.Direktur
3. Salah
satu aktifitas praktisi Humas di lapangan yang menghubungkan antara perusahaan
dan masyarakat disebut sebagai....
a. Konseptor b. Penasehat c. Komunikator d. Penilai eNegosiator
4. Metode
kerja Humas secara berurutan adalah....
a. Perencanaan,
pemrograman, pengumpulan data, komunikasi dan evaluasi
b. Perencanaan,
pengumpulan data, pemrograman, komunikasi dan evaluasi
c. Pengumpulan
data, perencanaan, pemrograman, komunikasi dan evaluasi
d. Komunikasi,
pengumpulan data, perencanaan, pemrograman,dan evaluasi
e. Komunikasi,
perencanaan, pemrograman, pengumpulan data,dan evaluasi
5. Berikut
faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan Humas dalam suatu organisasi,
yaitu....
a. Besar
kecilnya organisasi b. Pemahaman pemimpin c. Tergantung kebijaksanaan karyawan
d. A
dan B benar e. A dan
C benar
B. Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan benar!
1.
Dalam menyampaikan pesan kepada publik, selain komunikasi secara lisan
mengapa Humas harus mampu menguasai cara penulisan?
2.
Mengapa Humas melakukan riset
(penelitian)? Seberapa penting riset (penelitian) yang dilakukan oleh Humas?
3.
Di era informasi seperti sekarang ini , media sosial kerapkali digunakan
Humas sebagai media komunikasi dan sarana relationship dengan publiknya.
Jelaskan mengapa media sosial sangat bermanfaat bagi kesuksesan kinerja Humas!