CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA PAI
BACALAH CONTOH ABSTRAK PENELITIAN
BERIKUT!
ABSTRAK
PeningkatanHasilBelajarJenis
Benda danSifatnyapadaMatapelajaran IPA
MelaluiPenggunaanMetodeEksperimenSiswaKelas V SDN Kangenan II Pamekasan.
Malang: SKGJ-PGSD-FKIP UMM
Pencapaiantujuanpembelajarankhususpadamatapelajaran IPA di kelas V
SDN KangenanII Pamekasanmasihbanyakmengalamikesulitan. Hal
initerlihatdarimasihrendahnyanilaimatapelajaran IPA
dibandingkandengannilaibeberapamatapelajaranlainnya. Ketuntasanbelajarsiswahanyamencapai
50 % dari 30 siswapadapembelajarankompetensidasarsebelumnya. Hal
iniberartibahwa 15 orang siswamasihmemilikinilaikurangdari 65. Faktorpenyebabnyaadalahpenggunaanmetodepembelajaran
yang tidaktepat.Olehsebabitupenggunaanmetodeeksperimendimungkinkantepatuntukmembantusiswadalammemahamikonsep-konsep
IPA.Tujuan penelitian
ini adalah mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarjenisbendadansifatnyamelaluipenggunaanmetodeeksperimensiswakelasV
SDN Kangenan II Pamekasan.
Penelitian iniadalahpenelitiantindakankelas
yang dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Sedangkan objek penelitian ini
adalah siswa kelas V dengan lokasi di SDN Kangenan II Pamekasan.
Hasilpenelitianiniadalahsebagaiberikut.
Pertama, penggunaanmetodeeksperimendilakukandenganlangkah-langkah(1)
secaraberkelompoksiswamelakukaneksperimenterhadapjenisbendadansifatnya, (2)
setiapkelompokmelaporkanlaporanhasileksperimen, (3)
berdiskusitentanglaporanhasileksperimen, (4) menyimpulkanmateriHasilpenelitianiniadalahsebagaiberikut:
Kedua, aktivitasguru dalam proses
pembelajaranterjadikenaikan.
Hasilpengamatantemansejawatterhadapaktivitaspembelajaran yang dilakukan guru
menunjukkanhasilbaik(3) padasiklus I,
sedangkanpadasiklusII mengalamikenaikanmenjadi 3,5 yang berartiamatbaik. Hal
initerjadisetelahdilakukanperbaikanorientasikegiataneksperimen yang
lebihmengaktifkansiswa.Ketiga, hasil belajarIPA
siswa juga terjadi kenaikan yang
signifikan. Siswa yang tuntas belajar
pada pembelajaran siklus I hanya mencapai 63 %, sedangkan pada siklus II
ketuntasan belajar siswa mencapai 90 %
dengan kriteria ketuntasan minimal 65.
Berdasarkan
hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa penggunaanmetodeeksperimendapat
meningkatkan hasil belajar Jenisbendadansifatnyasiswa kelas
V SDN Kangenan II Pamekasan.
Kata kunci
: hasil belajar, metodeeksperimen, dan jenisbendadansifatnya
Jawablahpertanyaanberikutini!
- Masalahapa yang dibahasdalammakalahhasilpenelitiantersebut?
- Apakah yang melatarbelakangimasalahtersebut?
- Apakahtujuanpenelitiantersebut?
- Apakahjenispenelitiantersebut?
- Jelaskaninstrumen yang digunakansebagaialatpengumpul data!
- Jelaskanlangkah-langkah yang dilakukanpenelitiuntukmemperolehhasilpenelitiannya
- Siapasasaranpenelitiantersebut?
- Bagaimanahasilpenelitian yang diperolehdalammakalahterswebut?
- Apakesimpulan yang diambildarihasilpenelitianitu?